Hi,

Kalo mungkin malas melakukan instalasi/kompilasi snort dkk di mesin Unix, ada solusi singkat dan cukup meriah.

Cukup install OpenIDS di mesin Anda, Aplikasi ini berjalan di atas OpenBSD, jadi instalasi yang dilakukan sama persis ketika kita menginstall OpenBSD.

Paket yang akan terinstall ketika Anda menginstall OpenIDS antara lain :

  • OpenBSD sbg OS platform nya
  • Snort
  • MySQL
  • BASE
  • SnortALog
  • Oinkcode
  • dll

Ok, bagi yg tertarik, silakan baca2 dulu di http://www.prowling.nu/.

Memang sampai saat ini belom ada mirror atau repo di Indonesia, tapi setahu saya di situs nya itu ada HowTo yang sudah ter translate ke Bahasa Indonesia.

OK, Salam ngoprek!

dEekZ_

Advertisements

NginX, Tamu dari Rusia

December 31, 2007

Beberapa minggu terakhir, saya dan beberapa teman di kantor sedang asyik ngoprek mainan baru, NginX (Engine-X).
Web server keluaran Rusia yang begitu powerfull dengan size packages yang langsing.
Bebarapa fitur yang ditawarkan di versi paling anyar nya (pada saat saya menulis artikel ini, versi stable nya yang terbaru masih 0.5.34);

* name- and IP-based virtual servers;
* keep-alive and pipelined connections support;
* flexible configuration;
* reconfiguration and online upgrade without interruption of the client processing;
* access log formats, bufferred writing, and quick log rotation;
* 4xx-5xx error codes redirection;
* rewrite module;
* access control based on client IP address and HTTP Basic authentication;
* PUT, DELETE, MKCOL, COPY and MOVE methods;
* FLV streaming;
* speed limitation;
* limitation of simultaneous connections from one address.
* Dan masih banyak lagi..

Salut juga buat para developer nya, karena system ini telah menyertakan rewrite module, loadbalancer dengan Fair Mode dan yang paling mencengangkan adalah telah support untuk streaming flv sebagai default nya. wew.. Mungkin karena itu juga situs streaming di Indonesia sekelas indowebster juga memilih NginX sebagai ‘punggawa’ di beberapa back-end streaming server nya.
Belakangan saya menemukan fakta yang cukup menarik, pada kwartal terakhir tahun ini pengguna NginX di dunia meningkat dengan sangat pesatnya.

nginx

Tertarik ?

Source and reference:
http://www.nginx.net/
http://wiki.codemongers.com/Main
http://blog.kovyrin.net/category/web-tech/nginx/


dEekZ_

Another Pleasure

December 2, 2007

Gw kagak pernah bener-bener ngerti kenapa dalam dua hari terakhir ini kesialan nggak pernah absen nangkring di sekitaran kepala gw. Apa ini gara2 kutukan ibu kos gara2 gw telat bayar kos atau gara2 kemaren malem pipis lupa gak disiram, gw belom ngerti …

Berawal dari sabtu siang ada binatang langka berspecies mamalia dan berkelamin ganda bernama Bajul sms gw ngajakin ke Kuningan ke tempat temen. Gw dengan mata yg masih lebih rapet dari belahan pantat sapi cuman bilang ‘iyee, lo tungguin aja gw di kosan lo..’

Terus apa yg terjadi abis gitu gw gak inget lagi soalnya gw langsung pingsan molor lagi.
Kira-kira sejam kemudian gw sadar bangun, clingak-clinguk gak jelas.. gw baru samar2 inget tadi ada yg sms gw ngajakin jalan. Masih dalam ke-ngantuk-an stadium tinggi gw raba HP dan liat inbox, walah.. ternyata bener si Bajul ngajakin gw jalan (dan ternyata bukan cuman mimpi basah).

Karena sifat dasar hewan orang macam gw adalah sifat setia kawan yang mendekati taraf super, gw bergegas ke kamar mandi dan melakukan tugas kenegaraan setelah bangun tidur, boker. Dandan ganteng dan cabut ke kosan si Bajul. gw udah bayangin Bajul bakalan pasang tampang mesum begitu liat gw telat banget kayak gini. Dan karena itu gw udah siapin 92 alasan yg tepat berkaitan dengan ke-telatan gw, mulai dari nyuci sempak se-ember penuh sampai karena ibu kos mendadak minta di kerokin. Si bajul pasti mau ngerti lah.

Sampai di depan kos nya gw langsung telp, minta dibukain pintu. Alasan kenapa gw telp dulu dan bukannya nekan bel bukan karena gw gak tau gimana caranya. cuman emang sejak pertama gw maen ke kos ini, gw gak pernah nemuin barang ajaib bernama bel itu.

Gw liat pintu kamar Bajul dibuka dan bukan tampang mesum atau dandanan sok rapi ala Bajul yg gw liat. Tapi wajah jelek abis bangun tidur ditambah mata sipit plus upil yang nyembul di sana-sini. Abis gitu sambil suruh gw masuk dia bilang, ‘sorry, gw ketiduran..!’. Gw gak cepet-cepet masuk malah clingak-clinguk di depan kamar si Bajul, siapa tau ada benda keras yang bisa dipake buat nimpa Bajul sampe mangap-mangap.

Singkat cerita gw udah ada di kuningan. Ngobrol sama temen2 sampe malem dan kita mau ke Kalibata buat acara rutin, nongkrong bareng umat bekas narapidana ragunan. Gw berdua Bajul tengok kiri-kanan waktu mau nyebrang di Tendean, waktu ada kesempetan gw melangkah diikutin bajul. Pas nyampe di tengah jalan, gw ngeliat taxi jalan kenceng banget, mungkin lagi ngangkut nenek2 hamil mau ngelahirin. Spontan gw brenti dan gak tau apa karena Bajul gak liat atau karena emang saraf motorik nya yang agak terganggu, dia nabrak gw dari belakang, nginjek sebagian sendal gw daaaann.. terjadilah tragedi yang sangat memilukan hati setiap ibu2 itu.. sendal gw lepas dan ketinggalan di tengah jalan! Dalam kondisi spt itu kayaknya cuman cari mati kalo balik lagi ke tengah jalan, jongkok terus mungut sendal dan balik lagi. Enggak! gw belom pingin mati muda dan jadi hantu.

Akhirnya kita putusin makan dulu di warung nasi uduk dan berharap abis makan kondisi jalanan agak sepi dan gw bisa ngejalanin misi penyelamatan sendal butut gw dengan sukses. Tapi rencana tinggal rencana, pas abis makan, gw clingak-clinguk nyariin sendal gw yg tadi ada di tengah jalan. Dan mata gw tertuju sama benda gepeng mirip kripik tempe warna item di tengah jalan. Ya ampuun, sendal gw udah gepeng, jadi satu sama aspal..! Rasanya ancur ati gw, terbayang masa2 indah yg pernah gw lewatin bareng sendal gw itu, dan jasa2 yg pernah dia lakuin buat gw. Ya Tuhan, ampunilah dosa binatang2 bejat yg tega ngelindes sendal saya sampe gepeng begitu..

Ok, lanjut.. kita jalan nyari warung buat beli sendal jepit. Ketemu deh, langsung nanya.. ‘pak, ada sendal jepit..??’
‘Wah, tinggal yg ukuran paling kecil dek..’
‘Boleh diliat Pak..?’
Akhirnya si Bapak masuk dan ngambilin sendal yg emang agak kecil, tapi menurut perkiraan gw sih bakalan muat sama kaki gw yg imut. Berhubung dalam radius 200meter dari warung itu gw gak ngerasain ada tanda-tanda kehidupan warung yg laen, ya udah gw bayarin aja tuh sendal yg ternyata kaki gw cuman masuk setengahnya aja. Hikss..
Akhirnya gw ngelanjutin jalan dalam keadaan hina macam gitu. Di jalan banyak yg liatin dengan masang tampang aneh. Entah heran, kasian atau pingin nabok, gw gak tau.

dk_