itu bukan pintu lift!!

April 15, 2008

“KHUSUS BUSWAY”. Tulisan berwarna putih dengan latar hijau itu kini bisa sedikit tersenyum sebab setidaknya eksistensinya sedikit membawa hasil. jalur busway menjadi benar-benar eksklusif beberapa saat terakhir, bebas dari roda-roda lain selain busway, ambulance, pemadam kebakaran dan, ehm, para pejabat. (tapi saya sangat tidak yakin mereka taat bukan karena dua kata ‘KHUSUS BUSWAY’ itu, tapi kan karena…, you know lah)

secara pribadi yang menjadi penggelayut (apa sebutan orang yang selalu bergelayut di dalam busway?) setia bus raksasa ini, banyak kenangan manis dan kurang manis yang saya dapat. dasar saya orangnya tidak suka menunggu dan menghabiskan waktu dengan berdiri mengantri tanpa melakukan apapun, saya akan lebih memilih keluar dari antrian dan berdesak-desakan di dalam metromini, tapi setidaknya saya dalam kondisi “bergerak”. hahaha.

seperti yang terjadi disaat itu, terlalu konyol untuk mengantri berjam-jam dan pada akhirnya kehabisan oksigen dan pingsan di depan umum (hehe, jangan terlalu serius menanggapinya, saya terlalu mendramatisir kok).

yang paling terasa konyol adalah yang terjadi ketika saya kembali dari jogja, hari senin kemaren.
matahari masih malas mengahamburkan sinarnya untuk penduduk jakarta yang tak pernah bisa menunggu. tapi kemacetan kota jakarta senin pagi ini tampaknya lebih menakutkan bagi mereka daripada apapun yang kasat mata, lalu hal ini lah yang terjadi, pukul 5.30 pagi busway telah penuh sesak! tempat duduk di busway menjadi sama berharganya dengan sekardus indomie bagi korban banjir.

transit di halte dukuh atas, lemas sekali rasanya. dengan kelelahan yang luar biasa, samar-samar saya melihat busway koridor 6 dengan kondisi lengang. wakss.. mangsa empuk, entah dari mana, saya merasa energi saya memuncak sampai ubun-ubun. Hup, pembatas dari tali rafia saya lompati dengan sukses, saya dekati pintu belakang bus dan, Oh God.. pintu laknat itu bergerak menutup, terbiasa pakai lift di kantor, tangan kanan saya berusaha menahan pintu bus berharap akan terbuka lagi dengan otomatis, sama seperti pintu lift. itulah kebodohan saya disamping kebodohan-kebodohan yang lain. ehm, jadi saya tegaskan saja, PINTU BUSWAY ITU SAMASEKALI BERBEDA DENGAN PINTU LIFT, KAWAN! bukannya terbuka, dia malah terus menutup hingga menjepit tangan kanan saya, sip.. jadilah sekarang telapak tangan kanan saya setengah berada di dalam, dan setengahnya lagi ada di luar. beberapa saat saya menggelepar menahan sakit dan memukul-mukul badan bis dengan brutalnya. orang yang duduk di bagian belakang dan kebetulan melihat setengah tangan saya pasti akan berpikir, ‘wah.. wah.. lihatlah, ternyata busway ini telah terkena kutukan hantu tangan buntung, itu ada jari-jari tangan bergerak di pintu!’ tanpa melihat ada manusia sekarat berwajah ganteng sedang kejang-kejang di luar.

entah karena ada orang yang memberitahu sopirnya atau apa.. tiba-tiba pintu terbuka lagi. tangan saya terbebas dan saya segera bisa masuk dengan sedikit terpelanting. tanpa melihat wajah penumpang di bangku belakang, saya segera kabur ke bagian depan. sambil memegangi tangan kanan, saya senyum-senyum mesum di dalam bus. sambil bersumpah dalam hati, saya tak akan pernah menahan pintu busway dengan tangan lagi!

*saat menulis postingan ini pun telapak tangan saya masih terasa ngilu.

Advertisements

7 Responses to “itu bukan pintu lift!!”

  1. ghatel Says:

    waah yang penting sampean ndak lagi diluar trus tangan sampean nyangkut trus busnya jalan bisa berabe tuh, tapi yang penting sampean selamet… 😀


  2. Wehehe.. lift di gedung aldevco kelakuannya juga mirip pintu busway tuh.. suka gak mau nahan kalo dah mau nutup.. harus agak dipaksa.

  3. dEekZ_ Says:

    @wicak: iya, bener. apalagi yang sebelah kiri, kalao berhenti suka nggak sejajar sama lantainya. kalau nggak terlalu rendah ya terlalu tinggi. saya aja sering kesandung kok. siapa yg bertanggung jawab ? 😀

  4. indri Says:

    ahahahaaaa…..
    tragedi beneran nih

  5. theloebizz Says:

    haduuuuh lain kali hati2 dunk..gimana pun juga besi lawan kulit ya menang besi hehehe :mrgreen:

  6. -mbemz- Says:

    jiakakakakkk!!! ups! maap kelepasan… 😛


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: