ROADMAP KONVERGENSI ala POSTEL, Efektif-kah.??

October 6, 2007

Sambil nunggu buka puasa iseng2 buka situs depkominfo (sekali-sekali jadi nasionalis dikit, heheheh). Eh lagi ada topik yang hangat, dan kayaknya bakal bikin panas lagi nih.

Pemerintah mencanangkan hajatan yang dikasi nama ROADMAP KONVERGENSI INFRASTRUKTUR TIK, yang rentang project nya dari tahun ini (2007) sampai 2011.

Goalnya adalah mencapai layanan teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang benar-benar konvergen (berada pada satu platform saja). hajatan ini sebenarnya masih satu rangkaian dengan Apricot (kondangan orang2 APNIC) 2007 kemaren.

Sudah berjalan-kah .. ? sejauh ini (menurut program kerja postel) tahun 2007 ini masih diawali dengan penataan undang-undang dan regulasi. Sedangkan hal2 yang bersifat lebih ‘tehnis’ rata-rata baru dimulai tahun 2008.
Sejauh ini yang saya tangkap konvergensi ini membutuhkan penataan-penataan kembali internet resource di Indonesia, seperti IP, DNS dan IIX. Serta dan tidak lupa migrasi IPv4 – IPv6 yang juga akan dilaksanakan pada tahun 2008. Hal ini berkenaan dengan rencana konvergensi pemerintah yang nantinya akan menggabungkan segala resource publik diatas satu platform, tentu saja termasuk di dalamnya aplikasi2 yang tergolong ‘rakus’ bandwidth seperti streaming dan IP TV, jadi tentu saja kebutuhan akan IPv6 tidak bisa di tunda lagi.

Banyak kalangan masih meragukan migrasi ini, memang benar untuk saat ini IPv4 masih bisa menutupi keperluan networking di Indonesia, namun jangan lantas hal ini membuat kita menjadi terlena dan mengesampingkan pertumbuhan resource ke depan. Bahkan untuk menunjukkan keseriusan akan hal ini, postel membentuk taskforce yang concern di ipv6 ini, tapi jalan nggak yaah..??

Untuk menyikapinya, kita selaku pelaku layer bawah mesti berbenah dan bersiap untuk menyambut Roadmap Postel ini. Jangan buru-buru underestimate dulu dengan pemerintah. Iklan bilang, coba dulu.. baru komentar..!

Source nya bisa diambil di http://www.postel.go.id/update/id/baca_info.asp?id_info=819

Dika_

2 Responses to “ROADMAP KONVERGENSI ala POSTEL, Efektif-kah.??”

  1. bakazero Says:

    mudah2an sih UU dan regulasinya cepat kelar, dan bisa segera dijalankan projectnya. sip, dukung penuh deh perkembangan teknologi indonesia, no doubt deh, optimis!

  2. dEekZ_ Says:

    Amiiin, sehebat apapun pemerintah, gak bakal ada artinya tanpa didukung sama orang2 “bawah” macam kita2 ini, ya nggak Kang..??
    ๐Ÿ™‚


Leave a comment